Jumat, 28 Oktober 2016

Sejarah, jenis, kelebihan dan kekuranan Windows Phone



Hallo... Welcome to My Blog

Kali ini aku akan memberikan informasi tentang Sejarah, jenis-jenis, kelebihan dan kekurangan Windows Phone.


1.    Pengertian
Windows Phone merupakan sistem operasi untuk perangkat Mobile yang dikembangkan oleh Microsoft. Sistem operasi (OS) ini telah ditanamkan pada smartphone yang diproduksi oleh Nokia.

2.    Sejarah
Windows Phone (sebelumnya dikenal sebagai Windows Phone 7) adalah sistem operasi genggam yang dikembangkan oleh Microsoft, dan merupakan pengganti dari Windows Mobile. Microsoft memperkenalkan Windows Phone pada tanggal 15 februari 2010 di pameran MWC, Barcelona. Sistem operasi ini dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 8 november 2010. Windows Phone mendukung sampai 25 bahasa. Sampai sekarang ini, Marketplace yang merupakan tempat untuk membeli aplikasi, telah dapat diakses di 35 negara.
Pada tanggal 11 Februari 2011 di London, CEO Microsoft, Steve Ballmer dan CEO Nokia, Stephen Elop mengumumkan kerjasama di antara kedua perusahaan, dimana Windows Phone akan menjadi OS utama pada ponsel genggam buatan Nokia dimasa mendatang (sebelumnya Nokia menggunakan Symbian).

3.    Jenis – jenis

1.      Windows Phone 7
Sistem operasi Windows Phone varian pertama ini diumumkan awal tahun 2010 pada bulan Februari. Fitur yang tersedia yaitu :
·        Live Tiles, Microsoft mengklaim bahwa fitur yang bisa menghadirkan segala informasi di halaman awal (home screen)
·         Office Hub, punya aplikasi Office seperti Word, Excel dan lainnya.
·         Xbox Live bisa memainkan beberapa game
·        Xbox Live, MarketPlace Hub kita bisa menginstall banyak aplikasi lain.
·         Search & Maps featuring Bing, Jika Android memanfaatkan mesin pencari Google tentu di Windows Phone 7 ini memanfaatkan Bing.
·        Email featuring Outlook Mobile, menjanjikan fitur yang hampir sama seperti di Outlook dimana banyak hal yang terintegrasi di dalamnya, mulai dari email, kalender dan lainnya.
·         Internet Explorer Mobile
·        Find My Phone, fitur yang bila ponsel anda hilang maka melalui "Find My Phone" kita bisa menemukannya.

2.      Windows Phone 7.5 Mango
Diluncurkan pada bulan Mei 2011. Terdapat perubahan yang cukup banyak di update pertama OS milik Microsoft ini yang membawa beberapa perubahan terutama pada penggunaan aplikasi dan penambahan browser andalan Microsoft yakni Internet Explorer 9 yang sudah terintegrasi dengan layanan sosial media seperti Twitter dan akses Windows Live SkyDrive. Microsoft mengkitalkan Metro UI sebagai user interface atau antarmuka ponsel yang mengadopsi Windows Phone 7.5 atau Mango. Layar utamanya mengkitalkan kumpulan kotak yang dapat diganti isinya; misalnya dengan aplikasi, update cuaca, update berita, kontak, atau RSS feed.

3.      Windows Phone 7.5 Tango
Diluncurkan pada 21 Maret 2012. Varian OS Windows Phone selanjutnya dikenal dengan kode Tango untuk nomor versi sama dengan sebelumnya. Namun pada OS versi ini menuntut kebutuhan hardware lebih tinggi dari versi sebelumnya yang menjadikan ponsel-ponsel WP Mango turun harga. Fitur baru yang bisa dinikmati pada versi ini adalah kemampuan hotspot Wi-Fi dan flip to silence, tapi masih banyak fitur terbaru lainnya.
4.      Windows Phone 7.8
Diluncurkan pada bulan Januari 2013. Sebelum Microsoft melakukan pengembangan besar pada OS Windows Phone (Windows Phone 8), mereka menyempatkan untuk mengupgrade WP 7.5 ke WP 7.8 yang pengembangannya masih menjadi perbincangan hangat kala itu. UI berubah dari tile yang berukuran wide dan medium pada versi sebelumnya, sekarang menjadi lebih variatif dengan ukuran small. Sekilas perbedaannya pada UI hanya itu saja, tapi dari aplikasi Microsoft pun menyediakan beberapa perubahan yang tentunya bermanfaat untuk smartphone Windows Phone agar lebih powerfull lagi
5.      Windows Phone 8
Sekitar bulan 29 Oktober 2012 lalu, pengembangan besar Microsoft pun diumumkan yakni versi terbaru dari OS mobilenya itu yang dikenal dengan Windows Phone 8. Perubahan besar-besaran dilakukan Microsoft, mulai dari UI (sekilas sama dengan Windows Phone 7.8), konektivitas, aplikasi, dukungan layanan, integrasi dengan akun live, fitur kamera yang disempurnakan, Windows Store App yang lebih nyaman dan banyak aplikasi, peningkatan resolusi layar, USB mass Strorage, Near Field Communication, Kid’s Corner, dan Bluetooth LE. Kini Windows Phone 8 mendukung penggunaan prosesor multi-core. Tak hanya itu, Microsoft juga mengganti inti program (kernel) pada Windows Phone 8, yang kini memakai kernel yang sama dengan sistem operasi Windows 8 untuk komputer pribadi dan tablet.
6.      Windows Phone 8.1
Diluncurkan pada 2 April 2014. versi terbaru dari windows Phone 8 series walau update nya tersebut ditujukan untuk manufaktur dan developer, kita bisa menikmati berbagai fitur baru yang sangat menarik seperti Live Folders, Apps Corner, Internet Sharing.
4.    Perbedaan
Perbedaan yang mencolok antara versi windows phone satu dengan yang lainnya yaitu pada User Interface. Perbedaan tile yang berukuran wide, medium bahkan ada yang lebih variatif dengan ukuran small.
5.    Kelebihan dan Kekurangan

·        Kelebihan

1.      Visual Cortana : Cortana bisa melakukan hal yang luar biasa seperti charging baterai ponsel atau memesan Domino Pizza. Jika Google Now dan Siri hanya hanya mampu menjawab perintah suara dengan hasil penelusuran dari mesin pencari, Cortana langsung memberikan jawaban akurat untuk perintah suara anda.
2.      Lebih Hemat Baterai : Windows Phone memiliki fitur battery server yang lebih efisien dibanding Android. Fitur penghemat baterai akan menunjukkan perkiraan daya baterai dan menutup aplikasi dan background yang tidak digunakan secara otomatis untuk menghemat pemakaian baterai.
3.      Interface yang Lebih Dinamis : Windows Phone memiliki Live Tiles, yakni pengaturan interface yang ukurannya bisa disesuaikan dengan kenyamanan penggunanya.
4.      Keamanan yang Menyenangkan : Live Lock Screen adalah sistem keamanan Windows Phone ang bisa dikostuminasi sesuai dengan keinginan penggunanya. Saat layar terkunci, kita tetap bisa melihat ramalan cuaca, album Facebook, dan Reddit. Meskipun demikian, Microsoft tetap memperkuat sistem keamanan Smartphone-nya agar terhindar dari malware atau segala jenis pencurian data.
5.      Fitur Hub Sosial : Anda bisa berkomunikasi dengan orang terdekat secara cepat sambil melihat informasi yang penting.
6.      Built-in Microsoft Office : Salah satu keunggulan Built-in Microsoft Office yang siap di pakai untuk menunjang pekerjaan Anda.

·        Kekurangan

1.      Aplikasi Store Yang Sedikit
Ini menurut saya masalah yang harus segera di selesaikan oleh microsoft bila ingin segera mengejar ketertinggalan dari OS lain karena menurut saya bila pengguna dimanjakan dengan banyaknya aplikasi atau game tentu mereka mungkin akan merekomendasikan smartphone windows kepada entah itu teman, keluarga, ataupun kenalan.
2.      Pemakaian Yang Rumit
Banyak pengguna windows yang saya temui mengeluhkan bahwa windowsphone terlalu rumit dan ribet contonya masalah di windowsphone 7.0 tidak tersedianya fitur bluetooth sehingga bila mereka ingin mengirim file harus lewat zune. masalah ini Untungnya sudah diselesaikan Di windowsphone 8.0 tetapi masalah baru pun muncul yaitu pengguna mengeluhkan tidak bisa mengirim file video. 
3.      Banyak Fitur Aplikasi di Kurangi
Jika anda membandingkan beberapa aplikasi seperti BBM dan aplikasi chatting/messenger lainnya dengan aplikasi di smartphone lain maka akan terlihat sekali perbedaannya walaupun dengan versi aplikasi yang sama. Banyak sekali aplikasi chat/messenger yang dipangkas fiturnya misal BBM, tidak akan ada anda temui panggilan BBM karena menu ini tidak tersedia di windows phone dan beberapa aplikasi chatting lain pun demikian.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar